Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!

Pada kesempatan ini kami akan ulas terkait dengan Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!. Yoga, apa pun alirannya, tak bisa dilepaskan dari yang namanya meditasi. Meditasi yakni cara kerja pemahaman dan pemberdayaan akan pikiran yang dilakukan secara berkesinambungan.

Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!

Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!

Pikiran ialah aspek dari seorang manusia yang paling susah dikontrol dan cenderung senantiasa bergerak ke arah keburukan. Dalam konteks pasutri, adanya pikiran-pikiran buruk kepada pasangan dapat memengaruhi kesehatan hubungan suami istri. Apabila pasangan dan anda lebih banyak mengumpulkan pikiran buruk ketimbang pikiran bagus, ledakan pertengkaran dan keributan tak akan terelakkan.

Keributan terus-menerus dapat mengganggu aliran prana di dalam keluarga. Hal ini yang paling menderita merupakan buah hati-anak yang sudah lahir di dalam keluarga. Mereka membutuhkan prana yang sehat dari kedua ayah dan bundanya. Aliran prana yang sehat tercermin dari kekompakan dan keharmonisan pasutri, dari sikap saling menghormati, saling memercayai, saling menghargai, dan saling melengkapi.

Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!

Terganggunya aliran prana dalam relasi pasutri yakni imbas dari akumulasi pikiran-pikiran buruk. Untuk bisa menaklukkan pikiran-pikiran buruk, pasutri bisa dengan sengaja memakai praktik meditasi guna menghadirkan pikiran-pikiran baik. Melalui meditasi, pasutri juga bisa menyembuhkan tubuh jasmaniah, memulihkan luka-luka emosionil, dan menyeimbangkan tubuh astral.

Walhasil? Tiap-tiap pikir, tutur kata dan perbuatan pasutri akan amat terjaga, santun, dan waspada dari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, pasangan. keluarga, dan orang lain. Lalu, bagaimana sistem melakukannya?

Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!

Ada banyak cara melaksanakan meditasi. Hakekatnya agama dan kebudayaan mengetahui caranya sendiri-sendiri. Lazimnya praktik zikir dalam agama Islam juga ialah meditasi dan bisa digolongkan ke dalam mantra yoga. Jangan salah kaprah dengan kata “mantra”, sebab kata ini berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya “meluruskan pikiran”.

Praktik mantra yoga menerapkan kalimat tertentu atau doa yang dibaca berulang-ulang. Tujuannya adalah supaya pikiran seorang manusia menjadi fokus ke satu spot saja, tak bercabang ke mana-mana. Kuasa penzikir memusatkan pikiran pada Maha Maha Seandainya Esa. Kalau pasutri terbiasa dengan praktik zikir, teruskan saja kebiasaan bagus ini.

Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!

Anda bisa melakukan meditasi dengan memahami caranya.

1. Persiapan sebelum bermeditasi

Berikut beberapa persiapan yang mesti dilaksanakan sebelum meditasi yoga

  • Persiapkan diri senyaman mungkin, pada waktu dan tempat yang mungkin tidak akan diganggu oleh kesibukan sehari-hari atau aktivitas orang lain.
  • Buatlah jadwal meditasi sendiri dan patuhi jadwal hal yang demikian dengan disiplin, contohnya meditasi tiap-tiap pukul 21.00.
  • Apabila bergembira bermeditasi diiringi musik, silakan pakai CD/DVD audio kesayangan. Pasutri juga dapat menggunakan aromaterapi supaya suasana semakin nyaman.
  • Usahakan jangan mengkonsumsi makanan berat minimal 2 jam sebelum bermeditasi.

Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!

2. Memulai praktik meditasi berpasangan

Untuk memulai menjalankan meditasi berpasangan atau sendiri, berikut langkahnya :

  • Berdoalah pada Ilahi YME pantas dengan agama dan kepercayaan kita.
  • Metode dalam satu postur yoga berhadap-hadapan atau duduk di bangku berhadapan. Perhatikan disarankan sambil meringkuk.
  • Tarik nafas panjang, tutup mata perlahan-pelan, dan bernapas secara normal. Usahakan tulang punggung dalam keadaan tegak secara wajar. Posisi jemari tangan dalam posisi chin mudra, tangan ditumpangkan di paha.
  • Fokuskan perhatian pada nafas. Selain nafas yang masuk dan nafas yang keluar. Seandainya pada napas, pasutri juga bisa memfokuskan perhatian pada alunan musik (bila bermeditasi menerapkan musik).
  • Selama progres tersebut terjadi, pasti ada pikiran-pikiran yang datang menghampiri kita, mungkin teringat dengan pekerjaan di kantor atau tugas rumah yang belum beres, teringat pada buah hati-si kecil. dan lain-lain. Jika pikiran-pikiran itu datang, jangan dilawan maupun dihentikan. Dengan lembut, sadari semua pikiran hal yang demikian dan kembalikan perhatian pada nafas. Pelan ini memerlukan kesabaran dan disiplin.
  • Ambil waktu sebanyak yang diinginkan. Mungkin pasutri baru terbiasa mengerjakan meditasi selama 10 menit. Ini tidak masalah. Tuhan-perlahan tambah sendiri waktunya. Meditasi tak mementingkan kuantitas waktu, yang terlebih pasutri merasa nyaman, tidak merasa dikejar-kejar waktu dan tak merasa terpaksa dikala melaksanakannya.
  • Akhiri meditasi dengan tersenyum dalam hati. Jangan lupa untuk senantiasa bersyukur terhadap Yang YME.

Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!

Meditasi Cinta dan Cahaya

Meditasi berpasangan hal yang demikian dapat dikembangkan untuk macam-tipe tujuan seperti meditasi cinta dan cahaya. Praktik meditasi berikut dialamatkan untuk membangun keakraban, memperbanyak pikiran positif, menyembuhkan luka emosionil, membangun kepercayaan, dan menguatkan cinta pasutri.

  • Duduk berhadap-hadapan dan berdekatan dalam posisi sukhasana. Pasutri dapat menempatkan sebagian lilin dalam posisi lingkaran dan keduanya berada dalam lingkaran hal yang demikian. Meditasi dilaksanakan dengan mata terbuka dan saling menatap pasangan.
  • Tarik nafas panjang di permulaan, lalu bernafas secara normal. Usahakan tulang punggung dalam situasi tegak secara wajar.
  • Tempatkan telapak tangan kanan di tengah-tengah dada pasangan (cakra jantung) dan telapak tangan kiri pasangan menangkupi telapak tangan kanan kita. demikian itu pula sebaliknya.
  • Rasakan denyut jantung pasangan kita. Sadari bahwa bersama pasangan, kita kini tengah membangun sebuah tubuh, sebuah keluarga. Rasakan cinta dari dalam diri mengalir kepada pasangan kita ke arah cakra jantung dan terima dengan penuh rasa syukur cinta pasangan yang ia salurkan ke cakra jantung kita.
  • Hakekatnya pasangan mengatakan satu kalimat penuh penghargaan dan rasa cinta.
  • Akhiri meditasi cinta dan cahaya ini dengan berpelukan mesra.

Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!

Ungkapan Cinta dalam Meditasi

Ungkapkan kalimat kita dengan santun, dapat juga dengan jenaka. Saya ini akan membuka hambatan komunikasi di antara pasutri. Saya:

  • Suami: Aku bersyukur atas waktu kebersamaan kita ini. Istri: Aku mencintai dan menghormatimu (temukan kata-kata penghargaan dari dalam diri kita).
  • Kalimat dapat juga dibuka dengan “Saya menyenangi … dari dirimu”, dan seterusnya.

Bila ada persoalan yang mengganggu dan belum terselesaikan di antara pasutri, setelah meditasi cinta dan cahaya selesai, langsung ungkapkan dengan santun apa yang kita lihat, dengar. rasa. dan pikirkan pada pasangan. Diskusi yang sehat dapat dibangun dari titik ini untuk menuntaskan masalah bersama-sama.

Sekian informasi perihal Paham Meditasi Yoga yang Baik dan Benar? Why Not!, semoga artikel kali ini membantu kalian. Tolong post ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *